Soal Tematik Kelas 6 Tema 5 Kompetensi Dasar Sbdp Dan Kunci Jawaban

Berikut ini yakni pola latihan Soal Tematik Kelas 6 Tema 5 Kompetensi Dasar SBdP untuk Tahun Ajaran 2019/2020 lengkap dengan kunci jawaban. Semoga Soal Tematik Kelas 6 Tema 5 Kompetensi Dasar SBdP ini sanggup dijadikan tumpuan untuk mencar ilmu utamanya adik-adik kelas 6 yang telah menggunakan Kurikulum 2013.

Soal Tematik Kelas 6 Tema 5


Berikut ini yakni pola latihan Soal Tematik Kelas  Soal Tematik Kelas 6 Tema 5 Kompetensi Dasar SBdP dan Kunci Jawaban

I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c atau d di depan balasan yang paling benar !
1. Suatu fasilitas atau media untuk memperkenalkan produk tertentu terhadap lazim dan dikehendaki sanggup memengaruhi cara hidup penduduk disebut ....
a. poster
b. reklame
c. tiket
d. cover

2. Jenis reklame yang dipakai untuk mengingatkan terhadap penduduk yakni reklame ....
a. komersial
b. non komersial
c. peringatan
d. penerangan

3. Reklame berasal dari bahasa ....
a. Spanyol
b. Inggris
c. Yunani
d. Prancis

4. Contoh reklame yang menggunakan media campuran dari audio dan visual ditayangkan melalui
....
a. radio
b. koran
c. majalah
d. televisi

5. Logo ialah suatu visi penyampaian gambaran aktual lewat suatu penampilan sederhana dalam bentuk ....
a. simbol
b. titik
c. garis
d. gambar

6. Berikut ini yang tidak tergolong ciri-ciri poster yakni ....
a. komposisi yang terdiri atas abjad dan gambar
b. menggunakan bahasa yang singkat, jelas, tidak rancu
c. bisa menawan perhatian khalayak
d. dihidangkan dengan media audio visual

7. Syarat yang mesti diamati dalam bikin reklame yakni ....
a. benar, indah, menarik, dan unik
b. jelas, indah, dan mahal
c. menarik, unik, jelas, dan tegas
d. indah, mahal, dan benar

8. Berikut ini yang tidak tergolong reklame visual yakni ....
a. iklan televisi
b. poster
c. spanduk
d. baliho

9. Poster yang berisi permohonan untuk melakukan hal yang lebih baik terhadap masyarakat, dinamakan
poster ....
a. hiasan
b. kegiatan
c. komersial
d. layanan masyarakat

10. Di bawah ini yang bukan ialah tindakan untuk bikin suatu poster yakni ....
a. menyeleksi topik dan tujuan
b. bikin kalimat singkat dan mudalı diingat
c. menggunakan gambar
d. menyeleksi bunyi latar yang menarik

11. Bentuk publikasi singkat berupa selebaran berisi keterangan atau keterangan tentang suatu produk atau bentuk layanan yang lain yang perlu dikenali oleh khalayak lazim disebut ....
a. buklet
b. leaflet
c. formulir
d. pamflet

12. Ukuran suatu leaflet tidak terlampau besar, tetapi tidak pula begitu kecil, yakni sekitar ....
a. 10-20 cm
b. 15-20 cm
c. 20-30 cm
d. 30-50 cm

13. Pesan yang tertuang dalam suatu leaflet biasanya ialah suatu ....
a. informasi
b. wawasan
c. pengetahuan
d. pendidikan

14. Jenis reklame visual yang terdapat pada bungkus atau pembungkus hasil produk yang diperdagangkan disebut ....
a. logo
b. brosur
c. baliho
d. embalase

15. Salah satu upaya bikin daya pembeli dikehendaki terobosan inovatif atas produk selain mutu produk yakni lewat ....
a. kemasannya
b. rasanya
c. barangnya
d. warnanya

16. Reklame yang terdiri dari permohonan untuk mengeluarkan duit pajak tergolong jenis.....
a. reklame komersial
b. reklame non komersial
c. reklame audio
d. reklame visual

17. Media untuk mengiklankan produk wirausaha disebut ....
a. reklame
b. rambu
c. gambar
d. sketsa

18. Pesan pada poster disampaikan dengan bahasa yang ....
a. indah dan menarik
b. menggunakan isyarat
c. gampang dipahami
d. sukar dipahami

19. Membuat poster atau reklame dengan komputer menggunakan kesibukan ....
a. power point
b. microsoft word
c. math type
d. corel draw

20. Perbedaan buklet dan leaflet bisa dilihat dari bentuknya. Buklet berupa buku sedangkan leaflet berupa ....
a. oval
b. papan persegi
c. lipatan kertas
d. guntingan kertas

II. Isilah titik-titik berikut dengan balasan yang benar !
1. Seruan yang berulang-ulang atau kembali diserukan disebut .................................
2. Reklame yang dibentuk untuk kepentingan sosial, mirip mengajak, menghimbau menyodorkan keterangan terhadap penduduk yakni ...........................................
3. Reklame yang dibentuk dengan tujuan untuk menerima laba sebesar-besarnya disebut reklame .................................................
4. Reklame audio, visual, dan audio visual ialah jenis reklame menurut .............................
5. Logo suatu perusahaan sanggup diumpamakan dengan ..............................................................
6. Poster mempunyai fungsi menyodorkan pesan secara singkat dengan menggunakan .....................
7. Gambar poster dibentuk berwarna-warni lengkap dengan warna kontras mudah-mudahan ..................................
8. Reklame yang dipakai untuk penawaran khusus kegiatan wirausaha disebut ......................................
9. Tujuan utama dalam bikin poster yakni untuk ...................................................
10. Jenis reklame yang dipasang di luar ruangan, mirip di pinggir-pinggir jalan disebut ......................
11. Leaflet nyaris mirip dengan .......................................................
12. Sebuah leaflet biasanya cuma terdiri dari .........................................................
13. Leaflet biasanya akan berupa lembaran kertas berskala ............................................
14. Embalase ialah bungkus pada suatu produk yang mencitrakan dirinya sendiri di pasaran berupa ............................................................................
15. Kemasan suatu produk dipakai selaku ..................................... dan ..........................................
16. Kata reklame berasal dari bahasa Spanyol, yakni re dan clomos yang mempunyai arti .............. dan .............
17. Desain grafis dari poster mesti menampung komposisi yang terdiri atas .......................................
18. Poster berencana memberi keterangan dan sifatnya berupa ajakan, maka poster mesti dibentuk secara ................................... dan ..................................................
19. Jenis reklame audio visual ditampilkan menggunakan media ..............................................
20. Esensi utama dalam bikin poster yakni menyodorkan .......................................................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
1. Apa yang kau ketahui tentang logo?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..............................................................................

2. Sebutkan pola reklame audio visual !
Jawab : .....................................................................................................................................................
..............................................................................

3. Apa yang dimaksud dengan reklame?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..............................................................................

4. Sebutkan ciri-ciri reklame !
Jawab : .....................................................................................................................................................
..............................................................................

5. Jelaskan jenis-jenis reklame menurut tujuan pengadaannya !
Jawab : .....................................................................................................................................................
..............................................................................

6. Apa yang dimaksud dengan poster?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..............................................................................

7. Sebutkan tujuan dan maksud dibuatnya poster !
Jawab : .....................................................................................................................................................
..............................................................................

8. Apa yang perlu diamati dalam bikin poster? Jelaskan!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..............................................................................

9. Sebutkan syarat-syarat suatu poster!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..............................................................................

10. Sebutkan tindakan bikin poster!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..............................................................................

11. Sebutkan fungsi dari bungkus suatu produk!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..............................................................................

12. Apa perbedaan antara leaflet dengan buklet?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..............................................................................

13. Apa tujuan pengerjaan leaflet?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..............................................................................

14. Jelaskan pemahaman dari embalase!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..............................................................................

15. Bagaimana cara pengerjaan suatu leaflet?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..............................................................................

16. Bagaimana ciri-ciri leaflet menurut bentuknya?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..............................................................................

17. Mengapa poster atau reklame biasa ditempel di tempat-tempat umum?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..............................................................................

18. Jelaskan macam-macam reklame menurut sifatnya !
Jawab : .....................................................................................................................................................
..............................................................................

19. Jelaskan perbedaan antara reklame peringatan, permintaan, dan penerangan!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..............................................................................

20. Apa arti penting reklame bagi seorang wirausahawan? Jelaskan !
Jawab : .....................................................................................................................................................
..............................................................................

Kunci Jawaban Room I

1. b. reklame
2. d. penerangan
3. a. Spanyol
4. d. televisi
5. a. simbol
6. d. dihidangkan dengan media audio visual
7. c. menarik, unik, jelas, dan tegas
8. a. iklan televisi
9. d. layanan masyarakat
10. d. menyeleksi bunyi latar yang menarik
11. d. pamflet
12. c. 20-30 cm
13. a. informasi
14. d. embalase
15. a. kemasannya
16. b. reklame non komersial
17. a. reklame
18. c. gampang dipahami
19. d. corel draw
20. c. lipatan kertas

Kunci Jawaban Room II

1. reklame
2. reklame non komersial
3. komersial
4. medianya
5. gambar atau denah yang memiliki makna tertentu
6. gambar
7. lebih menarik
8. reklame komersial
9. memberi keterangan yang sifatnya berupa permohonan
10. plakat
11. selebaran
12. ± 200 hingga 400 abjad dengan diselingi gambar
13. ± 20 hingga 30 cm
14. goresan pena dan gambar
15. pembungkus produk dan media promosi
16. kembali atau berulang-ulang dan berseru
17. opsi warna dan jenis abjad yang mau digunakan
18. menawan dan informatif
19. televisi
20. informasi

Kunci Jawaban Room III

1. Logo yakni suatu gambar atau sekadar denah dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, dan lembaga
2. reklame yang ditayangkan di televisi, slide, atau video klip
3. reklame yakni suatu kegiatan yang berencana untuk menyediakan keterangan terhadap khalayak ramai tentang suatu barang atau jasa
4. Ciri-ciri reklame :
a. Memberikan keterangan yang terang terhadap penduduk yang membacanya
b. Tidak berlebihan dalam menyusun kalimat
c. Menggunakan dekorasi berupa gambar di sekeliling goresan pena mudah-mudahan menarik

5. Jenis-jenis reklame menurut tujuan pengadaannya :
Reklame non komersial yakni reklame yang dibentuk untuk kepentingan sosial
Reklame komersial yakni reklame yang dibentuk untuk kepentingan bisnis

6. Poster yakni suatu media publikasi yang di dalamnya terdapat teks, gambar, atau perpaduan keduanya dimana maksudnya untuk menyediakan keterangan atau pesan terhadap khalayak.

7. Tujuan dan maksud dibuatnya poster yakni memberi keterangan dan sifatnya berupa ajakan

8. Yang perlu diamati dalam bikin poster : menyeleksi topik dan tujuan, komposisi desain, penggunaan kalimat, penambahan gambar

9. Syarat-syarat suatu poster :
a. Poster mesti menggunakan bahasa yang gampang dipahami
b. Susunan kalimat poster mesti singkat, padat, dan jelas
c. Poster seharusnya dikombinasikan dengan gambar
d. Poster mesti bisa menawan perhatian masyarakat
e. Poster mesti menggunakan materi yang tidak gampang rusak atau sobek
f. Ukuran poster mesti diadaptasi dengan tempat pemasangan serta sasaran pembaca

10. Langkah-langkah bikin poster :
1. Tentukan subjek yang mau di jadikan poster
2. Merumuskan pesan yang mau di sampaikan
3. Menyusun kalimat yang terang dan singkat
4. Memilih kata-kata dan gambar yang menawan dan gampang di ingat
5. Menuliskannya dengan abjad besar dan paduan warna yang menarik

11. Sebagai bungkus produk sekaligus untuk media promosi
12. Leaflet ukurannya kecil dan dilipat sedangkan buklet bentuknya mirip buku
13. untuk mengiklankan suatu bisnis, produk, jasa, dan juga suatu kegiatan atau kesibukan yang mau diselenggarakan
14. Embalase yakni jenis reklame yang berupa goresan pena atau gambar pada bungkus produk

15. Cara pengerjaan suatu leaflet :
Menentukan tema
Desain yang menarik
Penggunaan abjad yang sesuai
Judul, point, dan gambar sesuai tema
Cover yang menarik

16. bentuknya berupa lembaran kecil, bisa dilipat maupun tidak
17. mudah-mudahan dilihat dan dibaca khalayak / orang banyak

18. Reklame peringatan, Reklame permintaan, Reklame penerangan

19. Reklame perayaan : Reklame yang dipakai untuk mengingatkan masyarakat
Reklame permohonan : Reklame yang dipakai untuk mengajak penduduk mudah-mudahan mau menerima ajakan
Reklame penerangan : Reklame yang bersifat menyodorkan keterangan terhadap masyarakat

20. selaku media penawaran khusus yang efektif

Download Soal Tematik Kelas 6 Tema 5 Kompetensi Dasar SBdP dan Kunci Jawaban

Itulah Soal Tematik Kelas 6 Tema 5 Kompetensi Dasar SBdP dan Kunci Jawaban yang dapat aku bagikan. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Soal Tema 5 Kelas 4 Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sbdp

Soal Pts / Uts Tema 1 Kelas 5 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020

Soal Pts / Uts 1 Pendidikan Agama Islam Kelas 4 K13 T.A 2019/2020