Soal Pts / Uts Tema 1 Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020

Berikut ini yakni pola latihan Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Tema 1 Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun Ajaran 2019/2020. yang berisikan muatan soal PPkn, Bahasa Indonesia, IPS, IPA, dan SBdP. Semoga soal PTS/UTS Tema 1 kelas 4 semester 1 ini sanggup dijadikan rujukan untuk mencar ilmu terutama adik-adik kelas 4 dalam merencanakan diri menghadapi UTS/PTS (Penilaian Tengah Semester) 1.

Soal Perguruan Tinggi Swasta Tema 1 Kelas 4 Semester 1


Berikut ini yakni pola latihan Soal Perguruan Tinggi Swasta  Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Tema 1 Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020

I. Berilah tanda silang (x) pada aksara a, b, c atau d di depan respon yang paling benar !
Muatan Pelajaran : PPKn
1. Bila kolaborasi antarumat beragama terwujud dengan baik akan tercipta ....
a. keseragaman agama
b. perpaduan fatwa agama
c. ketahanan nasional yang mantap
d. keindahan dan kebersihan lingkungan

2. Seluruh penduduk Indonesia perlu mengerti keberagaman di Indonesia dengan tujuan ....
a. mengembangkan ekonomi masyarakat
b. mencerdaskan anak bangsa
c. agar penduduk Indonesia makmur
d. menjaga semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia

3. Semboyan negara kita yakni ....
a. Bhinneka Tunggal Ika
b. Pancasila
c. Undang-Undang Dasar 1945
d. Undang-undang

4. Persatuan sanggup membuat bangsa Indonesia tetap ....
a. kuat dan tercerai-berai
b. kuat dan berjaya
c. berjaya dan tercerai-berai
d. bertikai dan tercerai-berai

4. Bekerja sama sanggup .... pekerjaan.
a. memberatkan
b. menambah
c. mengumpulkan
d. meringankan

5. Perilaku menghargai perbedaan antarsesama ialah cerminan perilaku ....
a. tanggung jawab
b. tolong menolong
c. toleransi
d. melakukan pekerjaan sama

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia
6. Ide utama dari suatu paragraf disebut ..
a. pemikiran pokok
b. kalimat utama
c. kalimat penjelas
d. judul

7. Bacalah teks berikut ini!
Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMI) memperkirakan sebanyak 400 ribu hadirin hadir menjelang Tahun Baru 2018. Perkiraan ini dirasa tidak berlebih mengingat membludaknya hadirin pada tahun lalu. Sebagai pesona pengunjung, pengurus menyiapkan aneka macam program hiburan dengan tema "Pesta Rakyat", di antara pesta kembang api.
Gagasan utama paragraf tersebut yakni ....
a. pesta kembang api di TMII
b. membludaknya hadirin TMII
c. asumsi jumlah hadirin TMII
d. pesona pengurus TMII

8. Bacalah teks berikut ini!
Siswa kelas empat sedang melakukan kerja bakti. Mereka dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama membersihkan kelas, golongan kedua membersihkan halaman, sedangkan golongan ketiga membersihkan kamar mandi. Ibu guru merasa bahagia menyaksikan pekerjaan muridnya cepat selesai dan lingkungan sekolah menjadi higienis dan indah.
Pikiran pokok pada paragraf tersebut terletak pada ....
a. permulaan paragraf
b. selesai paragraf
c. tengah
d. permulaan dan selesai paragraf

9. Inti dari suatu paragraf biasanya tercermin pada ....
a. kalimat pertama
b. pemikiran pendukung
c. kalimat terakhir
d. judul

10. Hari ini SD Teladan mengadakan perkemahan. Hari Sabtu pukul 06.00 para murid telah berkumpul di halaman sekolah. Tepat pukul 06.30 mereka berangkat menuju Bumi Perkemahan Sekipan, Tawangmangu. Mereka terlihat bergembira ria menikmati perjalanan.
Pikiran pokok paragraf tersebut yakni ....
a. Hari ini SD Teladan mengadakan kesibukan perkemahan.
b. Hari Sabtu pukul 06.00 para murid telah berkumpul di halaman sekolah
c. Tepat pukul 06.30 mereka berangkat ke Bumi Perkemahan Sekipan, Tawangmangu
d. Mereka terlihat bergembira ria menikmati perjalanan.

Muatan Pelajaran : IPA
11. Bunyi yang sanggup didengar oleh insan yakni ....
a. infrasonik
b. supersonik
c. ultrasonik
d. audiosonik

12. Bunyi dihasilkan dari benda yang ....
a. bergoyang
b. berwarna
c. bergetar
d. berpindah tempat

13. Berikut ini yang bukan pola sumber bunyi yakni ....
a. gendang
b. seruling
c. kentongan
d. senter

14. Getaran dari suatu benda akan memicu ....
a. gelombang elektromagnetik
b. gelombang cahaya
c. gelombang bunyi
d. gaung

15. Bunyi akan dipantulkan bila perihal ....
a. kain
b. karpet
c. tembok
d. sofa

Muatan Pelajaran : IPS
16. Suku Dayak ialah suku bangsa Indonesia yang berasal dari Pulau ....
a. Kalimantan
b. Sulawesi
c. Sumatera
d. Papua

17. Keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia bukanlah penghalang menuju persatuan dan kesatuan kita selaku bangsa Indonesia. Hal tersebut terwujud dan terpelihara jikalau ada perilaku ....
a. merasa pintar
b. paling benar
c. menang sendiri
d. toleransi

18. Tari Gambyong berasal dari ....
a. Nanggroe Aceh
b. Jakarta
c. Jawa Tengah
d. Sunda

19. Berikut ini yang tergolong keanekaragaman rumah moral di Indonesia yakni ....
a. merak
b. gadang
c. engklek
d. kerak telor

20. Lagu Apuse berasal dari ....
a. Bali
b. maluku
c. Papua
d. Jakarta

Muatan Pelajaran : SBdP
21. Elemen yang paling penting yang ada pada suatu tari yakni ....
a. kostum
b. gerak
c. musik
d. pola lantai

22. Tarian yang dijalankan oleh dua orang penari yang biasanya putra dan putri disebut tari ....
a. tunggal
b. pasang
c. berpasangan
d. kelompok

23. Tari kecak dari Bali ialah pola tari ....
a. tunggal
b. pasang
c. berpasangan
d. massal

24. Tarian tradisional ini menggunakan properti payung, boneka, dan kendi. Tarian tradisional tersebut yakni tari ....
a. Payung
b. Jaipong
c. Bondan
d. Kipas Pakarena

25. Peragaan atau perilaku dan gerak dari seluruh anggota badan dengan penguasaan keahlian gerak dalam tari yakni pemahaman ....
a. wirama
b. wirasa
c. wiraga
d. wirupa

II. Isilah titik-titik berikut dengan respon yang benar !
PPKn : Soal no 1 – 5
Bahasa Indonesia : Soal no 6 – 10
IPA : Soal no 11 – 15
IPS : Soal no 16 – 20
SBdP : Soal no 21 – 25

1. Rasa persatuan dan kesatuan sanggup ditingkatkan dengan ...............................................................
2. Terhadap orang yang berlainan kebudayaan kita mesti ..............................................
3. Bekerja sama sanggup berlangsung dengan baik apabila seluruh warga saling .......................................
4. Piket kelas ialah salah satu pola kolaborasi di lingkungan ...........................................
5. Orang yang tidak mau koordinasi di lingkungan penduduk maka akan .........................................
6. Indonesia ialah negeri berbudaya. Indonesia berisikan bermacam-macam suku, bahasa, ras, dan agama. Keberagaman tersebut tidak bikin Indonesia terpecah belah. Semua rakyat Indonesia senantiasa menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.
Kalimat utama pada paragraf di atas yakni ..............................................................................
7. Setiap paragraf mempunyai ............................................................. utama.
8. Kalimat yang mengandung pemikiran penunjang disebut ....................................................
9. Meringkas dijalankan dengan cara menghubungkan antar .............................................................
10. Inti dari suatu teks yang disuguhkan secara ringkas disebut ........................................................
11. Benda atau alat yang menciptakan bunyi disebut ...........................................................
12. Suara meja yang dipukul sanggup terdengar oleh telinga. Hal tersebut terjadi alasannya yakni merambat lewat media ......................................................
13. Bunyi sanggup merambat lewat benda ........................................................
14. Benda peredam bunyi antara lain ..................................................................
15. Kayu ialah media perambatan bunyi yang berupa benda ..............................................
16. Keberagaman kebudayaan ialah ........................................................ bangsa.
17. Suku Sasak ialah suku bangsa Indonesia yang berasal dari .............................
18. Setiap tempat di Indonesia mempunyai makanan khas daerah. Kerak telor yakni penganan khas .........
19. Idul Fitri yakni hari raya umat .......................................................
20. Rumah moral Krong Bade berasal dari .........................................................
21. Aneka ragam gerak sanggup dirangkai menjadi suatu ...................................................
22. Tari Remo berasal dari ..........................................................
23. Perlengkapan dalam suatu tari disebut ..............................................
24. Gerak dasar pada tari Saman antara lain ......................................................
25. Jenis gerak tari yang bermakna disebut gerak .............................................................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terperinci dan benar!
PPKn : Soal no 1 – 5
Bahasa Indonesia : Soal no 6 – 10
IPA : Soal no 11 – 15
IPS : Soal no 16 – 20
SBdP : Soal no 21 – 25

1. Jelaskan pemahaman toleransi dalam keberagaman !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

2. Mengapa kita mesti bersatu dalam keberagaman? Jelaskan alasanmu!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

3. Sebutkan pola perilaku persatuan dan kesatuan dalam keberagaman!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

4. Sebutkan argumentasi insan melakukan kolaborasi !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

5. Bagaimana cara melakukan pekerjaan sama dalam keberagaman?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................


6. Jelaskan yang dimaksud dengan pemikiran pokok !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

7. Jelaskan cara menyeleksi pemikiran pokok suatu paragraf!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

8. Apa yang kau pahami wacana ringkasan?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 9-10!
Selain kaya akan budaya, tarian, dan makanan khas daerah, Indonesia juga kaya akan jenis
alat musik. Berikut yakni pola alat musik yang dimiliki oleh aneka macam suku di Indonesia. Cara
memainkannya berbeda-beda. Kecapi berasal dari Jawa Barat, dimainkan dengan cara dipetik.
Angklung juga berasal dari Jawa Barat. Saluang berasal dari Sumatra Barat. Gendang dari Jawa
Barat dan tifa yang cara memainkannya dipuku!.
9. Tentukan kalimat utama pada paragraf di atas!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

10 Tentukan pemikiran utama pada paragraf tersebut!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

11. Sebutkan sifat-sifat bunyi !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

12. Sebutkan benda-benda yang sanggup memantulkan bunyi!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

13. Sebutkan pola tempat-tempat yang mempunyai peredam suara!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

14. Sebutkan pola tempat-tempat yang sanggup memicu gema!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

15. Mengapa bunyi pantulan bersifat merugikan?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

16. Sebutkan 5 suku bangsa yang ada di Indonesia !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

17. Mengapa Indonesia mempunyai keanekaragaman suku bangsa yang tinggi ?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

18. Sebutkan keberagaman yang ada di Indonesia!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

19. Sebutkan tarian tradisional Indonesia beserta asalnya!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

20. Jelaskan efek keberagaman sosial budaya bangsa kepada penduduk di Indonesia?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

21. Jelaskan yang dimaksud dengan pola lantai!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

22. Sebutkan dua tarian yang dijalankan dengan posisi duduk!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

23. Jelaskan yang dimaksud gerak maknawi !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

24. Kapan tari Saman biasanya dipentaskan?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

25. Jelaskan fungsi gugusan atau pola lantai pada tari?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................

KUNCI JAWABAN ROOM I

Muatan Pelajaran : PPKn
1. c. ketahanan nasional yang mantap
2. d. menjaga semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
3. a. Bhinneka Tunggal Ika
4. b. kuat dan berjaya
4. d. meringankan
5. c. toleransi

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia
6. a. pemikiran pokok
7. c. asumsi jumlah hadirin TMII
8. a. permulaan paragraf
9. a. kalimat pertama
10. a. Hari ini SD Maju Pintar mengadakan kesibukan perkemahan.

Muatan Pelajaran : IPA
11. d. audiosonik
12. c. bergetar
13. d. senter
14. c. gelombang bunyi
15. c. tembok

Muatan Pelajaran : IPS
16. a. Kalimantan
17. d. toleransi
18. c. Jawa Tengah
19. b. gadang
20. c. Papua

Muatan Pelajaran : SBdP
21. b. gerak
22. c. berpasangan
23. d. massal
24. c. Bondan
25. c. wiraga

KUNCI JAWABAN ROOM II

PPKn : Soal no 1 – 5
Bahasa Indonesia : Soal no 6 – 10
IPA : Soal no 11 – 15
IPS : Soal no 16 – 20
SBdP : Soal no 21 – 25
1. melakukan pekerjaan sama
2. menghormati
3. mengerti
4. sekolah
5. dikucilkan warga
6. Indonesia ialah negeri berbudaya
7. kalimat
8. pemikiran penjelas
9. paragraf
10. ringkasan
11. sumber bunyi
12. udara
13. padat, cair, dan gas
14. busa, karpet, spoon
15. padat
16. kekayaan
17. Bali
18. Betawi
19. Islam
20. Nangroe Aceh Darussalam
21. tari
22. Jawa Timur
23. properti
24. tepuk tangan dan tepuk dada
25. maknawi

KUNCI JAWABAN ROOM III

PPKn : Soal no 1 – 5
Bahasa Indonesia : Soal no 6 – 10
IPA : Soal no 11 – 15
IPS : Soal no 16 – 20
SBdP : Soal no 21 – 25

1. toleransi dalam keberagaman artinya perilaku saling menghormati dan melakukan pekerjaan sama dengan golongan lain walaupun berlainan suku, bahasa, budaya, adat-istiadat, dan agama

2. mudah-mudahan Indonesia menjadi bangsa yang mempunyai pengaruh dan bersatu

3. 1) saling menghormati dan menghargai antar umat beragama
2)saling menjaga toleransi atau saling tolong membantu walaupun berbeda-beda agama
3)selalu hidup rukun walaupun dilingkungan kita ada beberapa orang yang berlainan agama dengan kita

4. mudah-mudahan pekerjaan yang berat menjadi ringan dan cepat selesai, selain itu melakukan pekerjaan sama juga sanggup menjalin tali kerukunan

5. dengan menghargai perbedaan dan menumbuhkan perilaku toleransi

6. pemikiran pokok yakni pokok pikiran utama dari suatu paragraf yang mendasari terbentuknya paragraf
7. Cara untuk menyeleksi pemikiran pokok pada suatu teks yakni :
Menemukan kalimat utama pada permulaan paragraf (paragraf deduktif)
Menemukan kalimat utama pada selesai paragraf (paragraf induktif)
Menemukan simpulan isi pada permulaan dan selesai paragraf (paragraf campuran

8. ringkasan yakni uraian yang lebih cepat dari suatu bacaan
9. Selain kaya akan budaya, tarian, dan makanan khas daerah, Indonesia juga kaya akan jenis
alat musik.
10. Jenis alat musik yang dimiliki oleh aneka macam suku di Indonesia.

11. bunyi sanggup dipantulkan (refleksi), bunyi sanggup dibiaskan (refraksi), bunyi sanggup dipadukan (interferensi), bunyi dilenturkan (difraksi) dan bunyi sanggup diresonansikan.

12. Batu, tembok, kaca, keramik, seng, besi, atau benda benda yang besifat padat/keras
13. gedung bioskop, studio rekaman
14. goa, sumur, lereng bukit
15. alasannya yakni pantulan bunyi mengusik bunyi aslinya
16. Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Bugis, Suku Dayak, Suku Baduy
17. Karena Indonesia berisikan beribu-ribu pulau
18. keanekaragaman suku, agama, bahasa, moral istiadat, dan budaya
19. Tari Saman dari Aceh, Tari Cakalele dari Maluku, Tari Pendet dari Bali
20. keanekaragaman budaya memamerkan efek negatif dan kasatmata bagi masyarakat
21. Pola lantai ialah pola atau skema yang dijalankan seorang penari dengan perpindahan, pergerakan, dan pergantian posisi dalam suatu ruang.
22. Tari Saman, Tari Kecak
23. gerak maknawi yakni jenis gerak tari yang mempunyai arti
24. dikala ada acara-acara penting
25. fungsi gugusan atau pola lantai pada tari yakni untuk menata gerakan tarian, bikin kekompakan antar anggota penari, serta membentuk komposisi dalam pertunjukan tari sehingga membuat tarian yang disuguhkan menjadi lebih indah dan menawan dikala ditonton.

Download Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Tema 1 Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020

Itulah Soal Perguruan Tinggi Swasta / UTS Tema 1 Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020 yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Soal Tema 5 Kelas 4 Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sbdp

Soal Pts / Uts Tema 1 Kelas 5 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020

Soal Pts / Uts 1 Pendidikan Agama Islam Kelas 4 K13 T.A 2019/2020